BEBERAPA ISTILAH PERHOTELAN


Berikut adalah daftar arti istilah-istilah perhotelan :
  • Ala Carte : Cara penyajian makanan satu per satu di suatu meja, di mana setiap jenis makanan di dalam menu disajikan secara terpisah.
  • Banguet : Cara penataan suatu meja berserta makanan dan dekorasinya.
  • Buffet : penyajian makanan secara prasmanan, di mana kita bisa mengambil jenis makanan yang kita mau sendiri pada meja yang telah disediakan.
  • Boutique Hotel : jenis hotel kecil namun mewah. Hotel ini biasanya digunakan untuk orang-orang beduit yang menginginkan privasi dan kenyamanan.
  • Budget Hotel : ini merupakan kebalikan dari Boutique Hotel, yang hanya menyediakan kamar dengan fasilitas yang sederhana.
  • Check In : Waktu tamu pertama kali masuk hotel. Meskipun setiap hotel berbeda-beda, tapi biasanya sekitar jam 1 Siang.
  • Bungalow : Bangunan rumah yang disewakan yang letaknya berada jauh dari pusat keramaian.
  • Check Out Time : Batas waktu tamu hotel untuk meninggalkan hotel. Biasanya sekitar jam 12 siang. Jika lebih dari waktu yang ditentukan tamu akan dikenakan biaya tambahan lagi.
  • Late Check Out : Batas waktu yang diberikan oleh hotel atas permintaan tamu. Biasanya diberikan untuk tamu rombongan.
  • Cocktail Lounge : Tempat yang diberikan hotel untuk menikmati minuman dengan suasuana tenang.
  • Coffee Shop : Tempat untuk makan dan minum bagi tamu hotel dengan suasuana informal.
  • Concierge : Suatu area di mana para penerima tamu hotel bertugas, seperti porter (pembawa barang), bellboy (pengantar ke kamar), dan doorman (pembuka pintu hotel).
  • Confirmed Booking : konfirmasi tertulis dari pihak hotel bahwa pemesanan kita disetujui.
  • Corparate Rate : Tarif khusus untuk para tamu perusahaan yang sudah biasa menginap.
  • Cottage/Villa : Penginapan yang umumnya terletak di daerah yang masih asri seperti puncak.
  • Deluxe Room : Salah satu jenis kamar di atas kelas standar. Yang membedakan keduanya adalah ukuran kamar dan fasilitasnya.
  • Double Room : Kamar untuk 2 orang yang memiliki ukuran kasur yang besar.
  • English Breakfast : Sarapan pagi ala Inggris. Adapun makanan yang disajikan berupa sereal, telur, roti bakar, teh, manisan, atau kopi.
  • Extra Bed : Kasur tambahan, jika jumlah tamu melebihi kapasitas kasur yang telah disediakan.
  • Front Desk : Area di mana tamu hotel disambut, memberikan kunci, dan meminta informasi tertentu.
  • Homestay : Rumah penduduk yang disediakan untuk para wisatawan yang ingin menginap.
  • High Season : Periode di mana permintaan kamar meningkat sehingga tarif mahal, seperti hari libur.
  • Hostel : Penginapan untuk yang ingin berhemat, biasanya disukai untuk kalangan backpacker.
  • Housekeeping : Petugas hotel yang menjaga kebersihan dan pengelolaan kamar.
  • Guesthouse : Bangunan rumah yang disewakan untuk wisatawan dengan tarif di bawah harga hotel. Di Indonesia jenis hotel kecil seperti ini biasa disebut wisma atau mess.
  • Group Rate : Tarif khusus bagi tamu rombongan.
  • Low Season : Periode di mana permintaan kamar menurun sehingga tarif standar/murah, seperti hari masuk sekolah.  
  • Reception : Tempat untuk mendapatkan informasi dan untuk Check In.
  • Reservation : Pemesanan kamar hotel sebelum tamu menginap, baik melalui telepon maupun internet.
  • Standard Room : Kamar dengan fasilitas standar yang diberikan oleh hotel. Biasanya tanpa makan atau diskon.
  • Twin Room : Kamar yang berisi dua kasur yang terpisah.
  • Suite Room : Kamar dengan fasilitas lounge area.
  • Safe Deposit : Fasilitas yang diberikan hotel untuk menyimpan barang-barang berharga milik tamu.

Komentar

Posting Komentar