Berikut adalah daftar arti istilah-istilah perhotelan :
- Ala Carte : Cara penyajian makanan satu per satu di suatu meja, di mana setiap jenis makanan di dalam menu disajikan secara terpisah.
- Banguet : Cara penataan suatu meja berserta makanan dan dekorasinya.
- Buffet : penyajian makanan secara prasmanan, di mana kita bisa mengambil jenis makanan yang kita mau sendiri pada meja yang telah disediakan.
- Boutique Hotel : jenis hotel kecil namun mewah. Hotel ini biasanya digunakan untuk orang-orang beduit yang menginginkan privasi dan kenyamanan.
- Budget Hotel : ini merupakan kebalikan dari Boutique Hotel, yang hanya menyediakan kamar dengan fasilitas yang sederhana.
- Check In : Waktu tamu pertama kali masuk hotel. Meskipun setiap hotel berbeda-beda, tapi biasanya sekitar jam 1 Siang.
- Bungalow : Bangunan rumah yang disewakan yang letaknya berada jauh dari pusat keramaian.
- Check Out Time : Batas waktu tamu hotel untuk meninggalkan hotel. Biasanya sekitar jam 12 siang. Jika lebih dari waktu yang ditentukan tamu akan dikenakan biaya tambahan lagi.
- Late Check Out : Batas waktu yang diberikan oleh hotel atas permintaan tamu. Biasanya diberikan untuk tamu rombongan.
- Cocktail Lounge : Tempat yang diberikan hotel untuk menikmati minuman dengan suasuana tenang.
- Coffee Shop : Tempat untuk makan dan minum bagi tamu hotel dengan suasuana informal.
- Concierge : Suatu area di mana para penerima tamu hotel bertugas, seperti porter (pembawa barang), bellboy (pengantar ke kamar), dan doorman (pembuka pintu hotel).
- Confirmed Booking : konfirmasi tertulis dari pihak hotel bahwa pemesanan kita disetujui.
- Corparate Rate : Tarif khusus untuk para tamu perusahaan yang sudah biasa menginap.
- Cottage/Villa : Penginapan yang umumnya terletak di daerah yang masih asri seperti puncak.
- Deluxe Room : Salah satu jenis kamar di atas kelas standar. Yang membedakan keduanya adalah ukuran kamar dan fasilitasnya.
- Double Room : Kamar untuk 2 orang yang memiliki ukuran kasur yang besar.
- English Breakfast : Sarapan pagi ala Inggris. Adapun makanan yang disajikan berupa sereal, telur, roti bakar, teh, manisan, atau kopi.
- Extra Bed : Kasur tambahan, jika jumlah tamu melebihi kapasitas kasur yang telah disediakan.
- Front Desk : Area di mana tamu hotel disambut, memberikan kunci, dan meminta informasi tertentu.
- Homestay : Rumah penduduk yang disediakan untuk para wisatawan yang ingin menginap.
- High Season : Periode di mana permintaan kamar meningkat sehingga tarif mahal, seperti hari libur.
- Hostel : Penginapan untuk yang ingin berhemat, biasanya disukai untuk kalangan backpacker.
- Housekeeping : Petugas hotel yang menjaga kebersihan dan pengelolaan kamar.
- Guesthouse : Bangunan rumah yang disewakan untuk wisatawan dengan tarif di bawah harga hotel. Di Indonesia jenis hotel kecil seperti ini biasa disebut wisma atau mess.
- Group Rate : Tarif khusus bagi tamu rombongan.
- Low Season : Periode di mana permintaan kamar menurun sehingga tarif standar/murah, seperti hari masuk sekolah.
- Reception : Tempat untuk mendapatkan informasi dan untuk Check In.
- Reservation : Pemesanan kamar hotel sebelum tamu menginap, baik melalui telepon maupun internet.
- Standard Room : Kamar dengan fasilitas standar yang diberikan oleh hotel. Biasanya tanpa makan atau diskon.
- Twin Room : Kamar yang berisi dua kasur yang terpisah.
- Suite Room : Kamar dengan fasilitas lounge area.
- Safe Deposit : Fasilitas yang diberikan hotel untuk menyimpan barang-barang berharga milik tamu.
Artikel keren gan,teruskan
BalasHapus